Kamis, 05 Mei 2016

Bintang Kejora Bukanlah Sebuah Bintang

Di langit malam, banyak sekali benda-benda angkasa yang dapat dilihat dari bumi. Terutama di daerah perdesaan yang jauh dari pengaruh cahaya lampu. Ketika langit malam terutama saat sedang tidak tertutup oleh awan, kita bisa melihat indahnya kerlap-kerlip cahaya yang berkilauan. Cahaya tersebut adalah bintang dan penyusun angkasa lain seperti bulan dan asteroid.
Saat matahari mulai terbenam, terlihat sebuah cahaya di langit yang lebih terang dari bintang-bintang disekitarnya. Cahaya tersebut biasanya terlihat dekat dengan matahari dan berada di antara benda langit lain. Cahaya apa itu? Cahaya itu mirip seperti bintang, namun tidak berkedip seperti bintang lain pada umumnya.

Bintang Kejora

Banyak orang menyalahartikan tentang nama dari bintang kejora. Bintang kejora yang memiliki nama depan “Bintang” bukanlah sebuah bintang seperti yang diceritakan oleh manusia zaman dahulu.
Bintang Kejora sudah dikenal sejak zaman dahulu kala. Tidak tahu kapan pastinya, namun cerita ini sudah mulai berkembang di negara kita ketika nenek moyang mengarungi samudra di indonesia. Setiap daerah mengkin berbeda ceritanya dan berbeda pula penamaannya. Yang menjadi persamaan adalah benda langit tersebut disebut bintang dan menjadi pertanda saat matahari terbit atau terbenam.
Bintang kejora menjadi sebuah impian. Bintang ini menjadi gambaran sebuah harapan dan cita-cita untuk anak-anak. Mereka menginginkan agar seperti bintang kejora, yang bersinar paling terang diantara bintang-bintang lainnya.
Ya, kata “Bintang” memang memiliki nilai positif. Untuk dia yang lebih baik diantara yang lainnya akan disebut bintang. Ada Bintang Kelas, Bintang Sinetron, bahkan hotel pun sekarang berbintang pula. Tidak salah bukan jika kita harus mengejar bintang-bintang yang ada di bumi ini?

Kejora bukanlah bintang

Kejora yang memiliki banyak makna positif ternyata merupakan sebuah planet yang juga mengitari Tata Surya. Venus, itulah planet tersebut. Walaupun planet venus terlihat bersinar dari bumi, namun venus tidak dapat memancarkan cahaya sendiri seperti sebuah bintang. Venus terlihat bersinar karena pantulan cahaya yang berasal dari Matahari.
Walaupun terlihat seperti sebuah bintang, namun ada ciri-ciri khusus yang membuatnya berbeda dengan bintang.Ciri-ciri tersebut diantaranya sebagai berikut:
– Planet Venus terlihat bersinar, namun tidak berkedip seperti bintang.
Hal ini karena planet venus tidak memancarkan cahaya sendiri dan jaraknya yang sangat dekat dengan bumi. Berbeda dengan bintang yang sesungguhnya, Jarak bintang dengan bumi rata-rata diatas satu tahun cahaya. Perjalanan cahaya dari bintang ke bumi saja satu tahun, ini menyebabkan cahaya yang sampai di bumi terganggu oleh redudansi di atmosfir.
Atmosfir kita ini tidaklah diam. Atmosfir bergerak seperti air di samudra, sehingga cahaya dari luar terlihat tidak stabil dan jika jaraknya sangat jauh akan terlihat berkedip. Jarak venus yang dekat dengan bumi membuatnya terlihat lebih stabil dibandingkan dengan bintang.
Yang terlihat dari bumi adalah bentuk venus secara keseluruhan, berbeda dengan bintang. Seandainya bintang tidak bercahaya dan hanya mendapat pantulan dari cahaya disekitanya, maka ia tidak akan terlihat dari bumi. Cahaya bintang dapat terlihat dari bumi karena cahaya bintang sangatlah terang. Dan yang terlihat dari bumi adalah bias dari pelebaran cahaya tersebut.
– Planet Venus sering berpindah diantara benda langit lainnya.
Karena Bintang kejora adalah sebuah planet yang mengelilingi matahari, maka posisinya di Angkasa terlihat berubah diantara benda langit lain.
Bintang kejora terkadang terlihat di sebelah barat ketika matahari terbenam dan terkadang terlihat di sebelah timur ketika matahari terbit. Hal ini karena planet venus lebih dekat dengan matahari dibandingkan dengan planet bumi. Ini akan membuatnya lebih sering terlihat mengikuti matahari terbit ataupun terbenam.
Karena itulah planet akan terlihat bergerak diantara bintang-bintang lainnya. Jika suatu saat Anda melihat sebuah objek yang berpindah dalam beberapa jam, kemungkinan besar itulah sebuah planet.

SHARE THIS

Author:

Facebook Comment

0 komentar: