ASRAMA MAHASISWA
TUGAS
PORPOSAL
DIKERJAKAN OLEH:
NAMA :
YULIAN LAMBE
NPM :
41155030120003
JURUSAN ARSITEKTUR
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS LANGLANGBUANA
TUGAS
PORPOSAL
JUDUL : ASRAMA MAHASISWA
I.
PENGERTIAN ASRAMA
Menurut The Enyclopedia American, asrama yang dikenal dengan
istilah Dorminotory, adalah berasal dari kata Dormotorius (Latin), yang berarti
a sleeping place, dengan pengertian bahwa dorminotory merupakan keseluruhan
bangunan dalam hubungannya dengan bangunan pendidikan, yang terbagi atas kamar
tidur dan meja belajar bagi penghuninya.
Menurut KH. Dewantoro, asrama adalah (pondok, pawiyatan, bahasa Jawa) merupakan rumah
pengajaran dan pendidikan yang dipakai untuk pengajaran dan
pendidikan.
Berdasarkan uraian-uraian diatas yang dimaksud dengan pengertian asrama mahasiswa adalah:
Sebuah atau sekelompok bangunan tempat tinggal yang sedemikian
untuk menampung sejumah mahasiswa secara continue, dengan tujuan dan harapan
agar dapat belajar dan beraktifitas secara efisien dan efektif tanpa paksaan.
II.
FUNGSI
-
Menyediakan fasilitas tempat tinggal
selama menjalankan pendidikan.
-
Menciptakan suasana tempat tinggal
bagi mahasiswa sebagai penunjang kegiatan serta kelancaran pembelajaran.
-
Menyediakan lingkungan untuk melakukan
interaksi sosial antar mahasiswa khususnya, dan sesame warga.
III.
TUJUAN
-
Membangun asrama mahasiswa yang dekat
dengan kampus, dengan jumlah kapasitas yang banyak.
-
Menampung dan menjadi tempat tinggal sementara
bagi para mahasiswa selama masa studinya.
-
Mempermuda beban/kendala dalam menempu
study.
-
Agar terkontrol dalam segi
kedisiplinan waktu, dan kedisiplinan aktivitas.
-
Memberikan hunian yang nyaman dengan
biaya yang terjangkau.
IV.
PERBEDAAN ASRAMA DENGAN HUNIAN LAIN
·
Rumah memiliki halaman yang tidak
terlalu luas, tetapi hak milik pribadi. Sedangkan asrama memiliki halaman yang
luas, tetapi hak milik bersama.
·
Asrama memiliki ruang bersama, bisa
digunakan untuk makan / sharing informasi yang bisa menampung banyak orang
dengan ukuran ruang yang luas ±50m2. Sedangkan dirumah memiliki ruang keluarga
dengan ukuran ±10m2 (1 keluarga).
·
Asrama memiliki kamar dilengkapi KM/WC
didalamnya, dan dihuni oleh 1 sampai 2 orang. Berbeda dengan Rumah yang hanya
memiliki kamar saja dihuni oleh 1 orang, dengan KM/WC diluar kamar.
·
Asrama memiliki ruang belajar bersama
yang luas yang bisa menampung banyak orang, berbeda dengan apartemen yang tidak
memiliki ruang belajar bersama.
·
Asrama juga memiliki ruang rapat,
dimana ruang rapat ini digunakan oleh mahasiswa yang bergabung di
organisasi-organisai atau klub di asrama tersebut. Sedangkan Rumah/Kos-kosan
tidak memilikinya.
·
Pengolaan sampah di Asrama, dibuang
langsung tiap lantai melalui Trash Chute, berbeda dengan rumah/kos-kosan yang
dibuang langsung ke tong sampah.
V.
PERBEDAAN ASRAMA MAHASISWA DENGAN ASRAMA LAIN
·
Asrama mahasiswa diperuntukan untuk
mahasiswa/mahasiswi, sedangkan asrama polisi/tentara diperuntukan untuk
polisi/tentara.
·
Dari segi fisik bangunan, bangunan
asrama mahasiswa biasanya memiliki gaya arsitektur modern minimalis dengan
campuran berbagai macam warna, berbeda dengan asrama polisi yang biasanya
cenderung berbentuk seperti rusun dengan warna cream yang dipadukan dengan
coklat.
·
Asrama mahasiswa memiliki dapur
bersama, sedangkan di asrama SMP/SMA tidak ada dan cenderung menggunakan
ketring tidak diperbolehkan masak sendiri.
·
Asrama mahasiswa biasanya hanya
dilengkapi jogging area/ lapangan futsal saja, berbeda dengan asrama atlet
dimana terdapat lapangan yang dapat mendukung kegiatannya seperti kolam
berenang, lapangan sepak bola, lapangan basket, dll.
VI. PENGELOLAAN
Pemilik : Swasta
Bersifat: Komersial,
pengelolaannya dilakukan oleh suatu
badan usaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebesar besarnya dengan harga
sewa sesuai dengan lokasi dan fasilitas yang disediakan.
VII. KARAKTERISTIK
ASRAMA MAHASISWA YANG DIMAKSUD
·
Asrama memiliki massa yang berbeda,
dimana massa bangunan ke-1 dihuni oleh mahasiswa (laki-laki) dengan 1-2 org per
kamar, dan dengan berganti massa 2-4 org per kamar (laki-laki). Dan asrama Mahasiswa (Perempuan) terpisah namun,
massa karakteristik yang sama
·
Memiliki hubungan antar asrama.
·
Massa bangunan terdiri dari 3 lantai.
·
Dimana 1 lantai pertama terdiri dari
ruang pengelola, sitting area (ruang duduk/ ruang bersama), ruang rapat, 2 kamar
tidur WC Umun, ruang dapur dilengkapi juga dengan ruang servis seperti Recycle
area (tempat sampah).
·
Dan lantai 2 terdiri dari kamar-kamar
tidur, dan ruang sharing, ruang duduk/serambi bagian permukaan depan bangunan.
sejak massa bangunan dilantai 2 terdiri dari 8 kamar tidur, dan 3 kamar mandi.
dan dilengkapi juga Recycle area (tempat sampah), tangga darurat, dan untuk
massa bangunan/lantai 3, terdapat 8
kamar tidur dan ruang belajar 3 kamar
mandi, serambi bagian depan permukaan bangunan dan dilengkapi juga Recycle area
(tempat sampah), tangga darurat.
·
Jadi untuk massa bangunan memiliki
total 12 kamar tidur 1 ruang dapur dan 8 kamar mandi sejak se-massa bangunan.
·
Untuk massa bangunan tiap kamar dihuni oleh 1-3 orang, dan tiap kamar memiliki 1 tempat tidur
bertingkat 2, meja belajar dan bangku,
almari pakaian dan rak buku massa juga rak sepatu + kotak sampa
·
Setiap kamar yang dihuni memiliki luas
2.3x3cm + km/wc yang berukuran
1.2mx1.5m, dan balkon 2.5mx1m
·
Untuk besaran ruang ruanagan yang
lainnya seperti:
-
R. Bersama/ R.Duduk : 2 x (10mx5m)
-
Ruang Rapat : 2 x (3mx5m)
-
WC Umum : 2 x (5mx5m)
-
R. Belajar Bersama : 2 x (8mx5m)
-
Dapur & R. Sharing : 5mx5mx4m
-
Ruang
serambi : 4mx4mx4m
-
Balkon :
2mx5m
-
Recycle Area : 2mx3m
-
Tangga darurat : 1mx3m
·
Fisik Bangunannya:
-
Bentuk bangunan tiap massa berbentuk
kotak-kotak yang tidak beraturan, dan menghasilkan bentuk yang unik, modern,
dan minimalis. Sangat cocok dengan karakter mahasiswa.
-
Lantai 1 sampae 3 menggunakan Curtain
wall (Dinding Kaca), yang dipadukan dengan Alucobond Panel agar terlihat modern
dan minimalis. Bagian tampak depan bangunan asrama tersebut.
-
Setiap kamar/ ruang menggunakan
finishing alucubond dan cat, dimana supaya akan terlihat railing-railing dari
balkon tiap kamar, yang menandakan bahwa bangunan ini merupakan hunian asrama.
-
Bangunan Asrama ini akan diberi warna
dominan krem yang dipadukan dengan abu (grey), coklat & dengan line
berwarna putih. Perpaduan warna krem, abu, coklat menjadikan bangunannya
terlihat natural/ alami, serta line yang berwarna putih menambah kesan elegan
pada bangunan.
-
Dibagian atas bangunan/ setelah lantai
3 diberikan luas ruang 9x6cm 5mx5m, ini berfungsi untuk melihat-lihat keadaan
suasana asrama dari atas. Dan menjadikan bangunan terlihat unik tidak monoton.
·
Disekitar asrama memiliki
sarana-sarana penunjang, seperti:
-
Toko-toko & ATM
-
Perpustakaan Bersama
-
Sarana Olahraga (Jogging Track &
Lap. Futsal
-
TPS (Tempat Pembuangan Sampah)
-
Parkir Motor & Mobil
-
Parkir Sepeda
·
Bentuk dan letak bangunannya akan
dibentuk dan ditata mengikuti bentuk lahannya.
·
Akan terdapat 1 sirkulasi masuk, dan 1
sirkulasi keluar site. Dimana sirkulasi pertama digunakan untuk sirkulasi utama
yaitu sirkulasi masuk ke asrama.
·
Disepanjang jalan/pedestrian akan
diberi tanaman/umbian+kladi akan sering dipakai/diksumsi.
·
Dari kompleks asram perumahan jati
permai jln. Innhofftank-perempatan antar jln bkr, otista, inhofftank/lampu
merah depan Gedung museum Dewi asri terdapat dipenuhi ruko dan perumahan warga.
VIII.
KENDALA
A. Kendala didalam ruang Asrama
1.
WC akan menimbulkan bau jika tidak bersih/tidak
diperhatikan
2.
Kamar dengan ukuran 3mx63mx42m + WC
dan balkon bila dihuni oleh 3 org akan terasa pengap dan sempit.
3.
Adanya Recycle area (Tempat
pembuangan/pengumpulan sampah) dapat memberikan bau/ketidaknyamanan bagi
pengguna kamar disekitarnya.
4.
Maba (mahasiswa baru) akan kebingungan
saat pertama kali masuk asrama.
5.
Penempatan dapur disamping kamar akan
menimbulkan ketidaknyamanan, karena panas yang ditimbulkan kompor akan menyerap
kedinding.
6.
KM/WC khusus untuk penyandang cacat/ pengguna
kursi roda
B. Kendala Fisik Bangunan
1.
Finishing dinding menggunakan Curtain
wall dapat menimbulkan ketidaknyamanan
2.
Penggunaan Alucubond dapat cepat
berlumut apabila terus terkena hujan dan panas matahari.
3.
Panas matahari yang berorientasi dari
timur ke barat dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi pengguna asrama
4.
Penggunaan atap dak, akan sulit
mengalirkan air hujan, ketika terjadi hujan lebat.
C. Kendala diluar Asrama / Site
1.
Penzoningan yang baik, antara public,
semi public dan privat.
2.
Polusi dan kebisingan yang ditimbulkan
kendaraan disekitar site cukup tinggi.
3.
Pintu masuk antara pengguna asrama
dengan truck sampah dapat menyebabkan ketidaknyamanan.
4.
Bising yang ditimbulkan ruang genset
dapat mengganggu /menyebabkan ketidaknyamanan.
5.
Mushola dan Perpustakaan berada diluar
asrama.
6.
Toko-toko/ ATM disekitar site dapat
membuat privasipengguna asrama terganggu
7.
Stone Garden akan terasa panas di
siang hari.
IX.
SOLUSI
A. Solusi didalam ruang Asrama
1.
Didalam KM/WC terdapat saft, jadi kita
bisa membuat ventilasi di saft tersebut sehingga bau dapat keluar lewat
ventilasi saft tersebut. Atau bisa juga menggunakan Ceiling Vent Fan, dimana
sib au akan tersedot oleh Ceiling Vent Fan tersebut. Ceiling Fent Fan dapat
dipasang didaerah plafond.
2.
Penataan interior yang baik dapat
menjadi solusi masalah ini.
3.
Dengan menempatkan Recycle Area
tersebut dalam satu ruangan, jadi bau tidak akan keluar, dan menggunakan Trash
Chute agar sampah bisa langsung dibuang langsung ke lantai dasar. Atau bisa
juga menggunakan Ceiling Vent Fan pada flapond agar bau bisa langsung tersedot.
4.
Memberi keyplan (denah asrama)
disetiap sisi bangunan
5.
Menempatkan kompor didekat balkon
dapur/ dekat jendela. Dan menempatkan ruang share disebelah kamar. Sehingga
hawa panas tidak akan menyerap kedalam kamar.
B. Solusi Fisik Bangunan
1.
Orientasi bangunan harus menghadap
selatan /utara agar sinar matahari tidak langsung masuk kedalam bangunan. Atau
bisa juga menggunakan AC.
2.
Harus melakukan maintenance terhadap
dinding Alucobond tersebut, minimal setahun sekali.
3.
Kamar bisa menggunakan konsep sunshiding
atau meminimalisir bukaan pada arah datangnya matahari yaitu timur ke barat.
4.
Membuat permukaan dak tersebut agak
sedikit miring, seperti halnya jalan raya. Dan disisi-sisi dak tersebut diberi
saluran air hujan, untuk mengairkan air langsung ke gorong-gorong/ selokan.
C. Solusi diluar Asrama / Site
1.
Dimana Zona Privat harus berada
ditengah site, lalu Zona Semi Privat berada setelahnya, lalu ke Zona Publik,
dimana Zona public harus berada didaerah sisi site/ dekat dengan jalan, agar
tidak mengganggu zona Privat.
2.
Memberikan pembuffer/ berupa
pohon-pohon yang berdaun lebat agar si polusi / bising tersebut dapat terbuffer
dengan baik.
3.
Menggunakan 2 pintu masuk yaitu yang 1
untuk pengguna asrama, dan yang 2 untuk truck pengangkut sampah / servis.
4.
Menempatkan R. Genset didaerah Servis
yaitu berada dipaling belakang site (jauh dari asrama) dan dekat dengan TPS.
5.
Sebisa mungkin Tempat beragama dan
Perpustakaan berada didaerah semi publik agar dekat dan mudah dijangkau oleh
pengguna asrama.
6.
Dengan cara mengkelompokan Toko-toko
dan ATM berada di satu zona yaitu zona publik. Dimana Zona publik ini harus
dekat dengan jalan dan jauh dari asrama.
7.
Memberikan Pepohonan disisi-sisi area
stone garden, tetapi tidak usah yang terlalu besar, agar suasana stone
gardennya bisa terasa. Dan panas matahari bisa sedikit terbuffer.
v LOKASI
DAN SURVEY
-
Lokasi :
Jatinangor
-
Luas Lahan : ± 2Ha.
-
Lahan berada dekat dengan Taman Tegalega & PT. Inti
v SKEMATIK DESAIN
A. GUBAHAN MASSA
1. Luas Site: 18.900m2
KDB: 50%
GSB : 6m
2. Gubahan massa asrama menganalogikan sebuah
puzzle-puzzle. Terjadinya bentuk seperti ini dikarenakan perpaduan antara
ruang-ruang didalamnya. Dimana ruang-ruang seperti kamar, dapur, WC, Tangga
Darurat, dll. dibuat terpisah terlebih dahulu, lalu digabungkan dan menjadikan
bentuk yang unik menyerupai puzzle-puzzle. Luas keseluruhan bangunan ± 3200m2
3. Lalu gubahan-gubahan massa tersebut
dimasukan kedalam site. Dibentuk segitiga agar orientasi bangunan menghadap
kesetiap sisi jalan, mengikuti bentuk sitenya, dan juga hubungan antar asrama
akan lebih erat. Asrama-asrama tersebut
disimpan ditengah site karena asrama merupakan zona privat, jadi privasinya
bisa terjaga.
OUT
|
4. Sirkulasi jalan diarea site dibuat
mengikuti penempatan bangunan, yaitu dengan mengelilingi gedung asrama
tersebut. Dimana jalan ini juga bisa memisahkan antara zoning privat, semi
privat, public, dan service. Sirkulasi masuk/keluar site memiliki 2 gerbang
masuk dan 2 gerbang keluar. Hal ini diakukan agar kendaraan tidak menumpuk pada
1 gerbang masuk/ keluar saja.
POS SECURITY
|
K. TIDUR
|
K. TIDUR
|
ASRAMA
|
R.DEPAN/SERING
|
5. Ruang kosong yang ada disekitar site
akan dimanfaatkan sesuai dengan zoningnya.
Alasan Penempatan:
-
Penempatan
Fotocopy (toko-toko) dan ATM didepan site karena sifatnya yg publik, dan komersil,
jadi dari luar bisa menggunakannya.
-
Mailbox,
Perpustakaan, dan tmpt beragama diletakan dekat dengan asrama agar mudah
dijangkau dan sifatnya semi privat.
-
Sarana
Olahraga diletakan disisi jalan ( dekat dengan jalan) karena sifatnya komersil.
Jadi bisa disewakan juga kepada orang lain (bukan penghuni asrama).
-
Genset
dan TPS disimpan dipaling belakang agar tidak mengganggu pengguna asrama,
karena berisik dari genset dan bau dari TPS, dan sifatnya servis.
-
RTH/
taman diletakan di dekat pertigaan, agar site
terlihat luas. Dan juga agar pandangan sipengendara yang melewati
pertigaan tersebut tidak terhalang saat akan belok.
-
Stone
Garden diletakan dekat asrama. Hal ini dilakukan karena stone garden ini
sebagai penghubung antar sesame khusnya Mahasiswa.
6. Gubahan massa
berwarna biru adalah 2 lantai terbawah asrama/ Lt.1 dan Lt.2. Yang didalamnya
terdapat R. Santai, R. Belajar, R. Rapat, dll. Dan juga kamar/ R.tidur.
7. Gubahan massa yang berwarna
merah merupan Lt.3 Dimana didalamnya terdapat R.tidur/Kamar-kamar dan
perpustakaan.
8. Gubahan massa yang
berwarna kuning dan putih merupakan tower yang berfungsi untuk melihat keadaan
disekitar site.
9. Massa berwarna biru
dibuat lebih besar dibanding massa berwarna merah, agar bentuk tidak terlihat
monoton. Dan menjadikan bangunan terlihat unik dngan lekukan-lekukan.
10. Dan hasil akhirnya akan terbentuk site
Asrama Mahasiswa seperti ini.
AKTIVITAS MAHASISWA
0 komentar: