Jumat, 15 Januari 2016

Suku Amugme Kamoro Telah Gelar Pertival Seni dan Budaya

Foto : Suku Amume Kamoro pertival Seni & Budaya,Yustus Muyapa/KM.
Timika (KM)--Pemerintah Kabupaten Mimika,dinas pemuda dan olahraga pariswisata mengelar Pestival seni budaya.berlanggsung Pukul 08.45 WIT hingga selsai,di tempat depan toko glael,Jln Cendrawasih Timika Papua, selasa,17bNovenber 2015.

Kabuten Mimika merupakan suatu kota yang terletak di daerah lembah pesisir pantai yang berdomisili 7 suku namun yang asli dua suku putra yakni Amume dan Kamoro.

Dalam kegiatan ini diwarnai dengan beberapa kegiatan tingkat SMP/SMA/SMK yaitu,lomba cerita rakrat,lagu daerah,dan lombah tarian Daerah.

Ketua panitia Karet Spd,Msi,Menyatkan pestival seni dan budaya ini merupakan salah satu persatuan dalam kalangan tingkatan SMP/SMA/SMK agar bisa memperkuat nilai budaya, dan bahasanya suku sendiri,oleh karena itu,kita mengankat budaya ini agar tidak mempengaruhi budaya dari orang lain.

 Kata dia, kita mengankat hasil-hasil karya khas suku Kamoro dan Amume bagi orang mimika agar  memiliki khas kerjinan tangan seperti Baju batik,Merang kain bunga,Piring yang terbuat dari lidih kelapa,Menu khas kamoro ,Menganyam Tas,dan patun mitoro.

Seni dan budaya ini untuk kami memperdamaikan persahabatan perspektif di antara suku bangsa dan Negara agar supaya kita juga tidak berpengaruh dari budaya luar (Asing).

Dalam pertival ini bertujuan agar  generasi ini bisa mempertahankan budaya masing-masing dari setiap suku.tegasnya.

Junjungkan harkat dan martabat diri manusia bahwa siapa saya sebenarnya dan asal saya dari mana agar nilai budaya menjadi sesuatu berkat demi masa depan kita maupun generasi mudah papua.(YustusMuyapa,KM)

Sumber : https://kabarmapegaa.blogspot.com/2015/11/suku-amume-kamoro-telah-gelar-pertival.html

SHARE THIS

Author:

Facebook Comment

0 komentar: